Minggu, 30 Juni 2013

Aspek-Aspek Perkembangan


Aspek-Aspek Perkembangan

Meskipun pembahasan yang di gunakan adalah mengenai perkembangan, namun di dalamnya terdapat maksud pertumbuhan juga, karna menurut banyak ahli perkembangan dan pertumbuhan adalah hal yang bersifat menyeluruh dalam diri seorang anak.
1.       Pertumbuhan Fisik
Pertembuhan fisik adalah pertumbuhan struktur tubuh manusia yag tejadi sejak dalam masa kandungan hingga ia dewasa. Proses perubahanya adalah menjadi panjang dan menjadi lebar dalam satu bentuk porsi tubuh.
2.       Pertumbuhan Otak
Para ahli berasumsi bahwa pertumbuhan otak sangatlah penting karna pertumbuhan otak berkaitan dengan perkembangan anak , otak merupakan organ vital yang sagat besar pengaruhnya terhadap tumbuh kembang karna fungsinya sebagai pusat kordinasi aktivitas gerakan, tingkah laku, maupun psikomotor.
3.       Perkembangan Psikomotorik
Merupkan perkembangan mengontrol gerakan-gerakan tubuh melalui kegiatan-kegiatan yang terkordinasikan antara susunan syaraf pusat, syaraf dan otot.
Proses tersebut di awali dengan gerakan-gerakan kasar yang melibatkan bagian-bagian tubuh dalam fungsi duduk, berjalan, lari, meloncat, dan lain-lain. Kemudian dilanjutkan dengan kordinasi halus yang melibatkan kordinasi otot dalam fungsi meraih, melempar, menulis, menggambar, dan lain-lain yang begitu di perlukan dalam kehidupan sehari-hari..
4.       Perkembangan Kognitif
Perkembangan kognitif atau bisa dikatakan sebagai perkembangan mental yang mencakup tentang pengalaman tentang dunia, penemuan pengetahuan, pembuatan perbandingan, berpikir dan mengerti, bisa di katakan bahwa proses mental tersebut adalah sebuah proses pengolahan informasi yang menjangkau kegiatan-kegiatan kognisi, intelegensia, belajar, pemecahan masalah, dan pembantukan konsep. Secara lebih luas menjangkau kreativitas, imajinasi dan ingatan.
5.       Perkembangan Sosial
Perkembangan sosial bisa dimaksudkan dengan pencapaian seorag individu dalam berprilaku sesuai dengan harapan sosial yang berlaku, proses menuju kesesuaian tersebut paling tidak mencakup tiga komponen yaitu : belajar berprilaku dengan cara yang disetujui secara sosial, bermain dalam peranan yang disetujui secara sosial, dan perkembangan sikap sosial.
6.       Perkembangan Emosi
Emosi merupakan suatu gejala perasaan disertai dengan perubahan atau perilaku fisik seperti marah yang ditunjukkan denga triakan suara keras, atau tingkah laku yang lain, begitu pula sebaliknya yang gembira akan melonjak kegirangan. Dalam hidup atau dalam proses perkembangan manusia banyak hal yang dibutuhkan, jika kebutuhan tersebut terpenuhi maka akan timbul rasa senang dan puas. Akan tetapi jika kebutuhan tersebut tidak dapat dipenuhi akan timbul rsa kecewa. Senang, dan puas merupakan gejala yang mengandung unsur senang dan tidak senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar