Minggu, 30 Juni 2013

Tahap-Tahap Dan Tugas Perkembangan


Tahap-Tahap Dan Tugas Perkembangan
1.       Masa bayi dan kanak-kanak
Masa bayi berlangsung sejak manusia dilahirkan hingga berusia 1 Tahun, dan 1 sampai 5 tahun disebut anak-anak, pertumbuhan biologis pada masa ini sangatlah pesat, pada masa ini lebih berfokus pada dunia keluarga namun selain itu pula harus bisa disiapkan untuk memasuki lingkungan sosial seperti sekolah.
Tugas :  Belajar mengambil makanan, Belajar berbicara, Belajar mengontrol cara-cara buang air, Belajar mengetahui jenis kelamin, Menguasai stabilitas jasmaniah, Memiliki konsep sosial dan fisik, Belajar hubungan sosial, Belajar membedakan.
2.       Masa kanak-kanak
Masa kanak-kanak berlangsung dari 6-12 tahun pada masa ini kecenderungan anak adalah untuk bermain dan berusaha untuk mencari kelompok dengan teman sebaynya.
Tugas :  Belajar keterampilan fisik yang diperlukan pada permainan, Perkembangan sikap yang menyeluruh pada diri sendiri sebagai pribadi yang sedang berkembang, Belajar berkawan dengan teman sebaya, Belajar melakukan peranan sosial sebagai laki-laki ataupun wanita, Belajar menguasai kemampuan-kemampuan intelektual dasar.
3.       Masa remaja
Perkembangan anak pada usia ini sangatlah labil selain karna masa ini adalah masa peraliha dari kanak-kanak menuju dewasa maka tidak jarang anak akan menunjukkan gejolak yang bukan hanya menimbulkan kesulitan bagi diri sendiri melainkan juga bagi lingkungannya.
Tugas :  Mencapai pola ubungan baru yang ebih matang dengan teman sebaya beda kelamin sesuai dengan etika moral masyarakat, Mencapai peranan sosial dalam masyarakat sesuai dengan jenis kelamin dan tuntutan kultural, Mempersiapkan diri untuk memasuki dunia perkawinan.
4.       Masa Dewasa Muda
Masa ini berlangsung dari usia 22-40 tahun, pada masa ini pertumbuhan masih terjadi hanya saja prosesnya sangatlah lamban.
Tugas :  Mulai mencari nafkah, Memilih teman atau pasangan untu berumah tangga, Mulai memasuki kehidupan berumah tangga, Belajar hidup dengan pasangan dalam berumah tangga.
5.       Masa Dewasa dan usia lanjut
Pada usia lanjut apa yang telah di capai pada usia dewasa mungkin akan dipertahankan, tapi beberapa hal lain mungkin akan menurun bahkan menghilang.
Tugas :  Menyesuikan diri dengan kesehatan dan kondisi fisik yang mulai melemah, Menyesuaikan diri dengan kondisi fisik dan penghasilan yang mulai mnurun, Menyesuaikan diri dengan kematian pasangan hidup, Membina hubungan dengan sesama usia lanjut, Memenuhi kewajiban-kewajiban sosial an kenegaraan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar